Minggu, 09 September 2012

Untukku yang Mengaku Tau Agama

Kawan, kau tau agama?
Seberapa jauhkah kita memahami agama?
Sudah berapakan bagian dari agama Islam yang kita pelajari?
Sudahkan kita berkontribusi untuk dien ini?

Kawan kau tau agama? Ya, aku tau. Agamaku Islam. Kitabku Al Qur'an. Suri tauladanku Nabi Muhammad SAW. Aku juga tau bahwa yang wajib diibadahi hanyalah Allah. Aku tau itu.

Aku Islam sejak lahir. Ayah ibuku dan seluruh keluargaku juga islam. Tapi sudahkah kami paham tentang Islam? sejak kecil aku tumbuh di lingkungan orang yang beragama Islam. tapi aku merasa baru sedikit aku tau betul Islam yang sesungguhnya. Belum lama aku mempelajari tentang Islam. Amalanku tentu belum ada apa-apanya. Kadang aku merasa iri melihat fenomena yang terjadi. Melihat kisah perjalan hidayah seorang mualaf. Mereka yang sejak kecil mungkin belum tau tentang Islam. Tapi ketika mereka sudah mendapatkan hidayah, perubahan segera terjadi. Mereka berbah menjadi begitu luar biasa. Bahkan ilmu, semangat, tekat mereka melebihi orang-orang yang Islam sejak lahir. Mereka begitu bersemangat berkontribusi untuk Islam. Tak memperdulikan bagaimana reaksi para keluarga nanti. Jika mengetahui perubahan mereka. Yang ada adalah semangat menuju ridho ilahi.

Sekarang aku yang mengaku orang Islam, sudahkah aku menjalankan dengan sungguh-sungguh ajaran Islam? Mungkin masih banyak syariat Islam yang belum aku kerjakan. Bahkan aku belum tau. Aku mengakui kitab suciku Al Qur'an. tapi sudahkah aku mengamalkan seluruh isinya? Jangankan untuk mengamalkan. Kadang aku tak tau apa isinya. Bagaimana aku mau tau, kalau membaca saja hanya kadang-kadang. Kalau sedang luang saja. Bahkan mungkin tidak pernah. Padahal aku tidak akan tau apa isi Al Qur'an jika tak mau membacanya. Dimulai dengan membaca, memahami, kemudian mengamalkan isi Al Qur'an. Mungkin dengan begitu aku akan mendapatkan pedoman hidup yang benar.

Sebagai seorang muslim, aku juga mengakui Nabiku Muhammad SAW. Beliau yang seharusnya menjadi panutanku. Menjadi idolaku. Karena beliau adalah sebaik-baik teladan bagi seluruh ummat manusia. Aku mengakui bahwa ajaran Nabi Muhammad tidak mungkin salah. Apa yang beliau katakan adalah benar. Tapi, sudahkah aku mengikuti semua yang beliau tuntunkan?

Saat mengucap syahadat, aku mengakui bahwa Allah adalah satu-satunya Illah yang berhak disembah dan diibadahi. Tidak ada Rabb selain Allah. beramal dan beribadah hanya untuk Allah. Tapi, sudahkah aku meluruskan niat? Apakah semua yang aku kerjakan itu hanya untuk mendapat ridho Allah?

Untukku yang mengaku tau agama. Kuberharap semoga rahmat dan hidayah dari Allah senantiasa tercurah untukku. Ya Allah, aku tak ingin menjadi hambaMu yang munafik. Begitu banya nikmat yang telah Engkau berikan. Tapi aku masih seperti ini adanya. Semoga aku bisa menjadi hambaMu yang bisa menjadi lebih baik dari yang sekarang. Termasuk hambaMu yang mendapat petunjukMu. Bukan termasuk golongan yang terlena dengan duni fana ini.. Amiin..

Tidak ada komentar:

Free Blogger Templates