Rabu, 03 November 2010

17 एकोर untuk 3 anak

Dijaman Sahabat Ali bin Abi Thalib menjadi khalifah hiduplah seorang sufi yang memiliki 3 orang anak, beliau sudah sangat sepuh. Dipenghujung akhir hidupnya sang sufi tersebut berwasiat kepada ketiga anaknya.

Wasiatnya berbunyi, aku mempunyai 17 ekor domba, ketika aku meninggal maka ke-17 ekor domba itu adalah milik kalian, ingat bagikan ke-17 ekor domba itu sesuai dengan hitungan yang aku tentukan. Pertama, untuk anak paling besar maka hak memiliki domba adalah sebanyak 1/2 dari jumlah domba yang ada, untuk anak kedua adalah 1/3 dari jumlah domba yang ada, dan untuk anak ketiga adalah 1/9 dari jumlah domba yang ada. Tapi ingat, dalam membagikan setiap bagian tersebut, jangan sekali-kali menyembelih domba tersebut, dengan kata lain pembagian domba haruslah dalam keadaan hidup. Apabila kalian merasa kesulitan menentukan jumlah pembagian domba tersebut, maka carilah orang yang berilmu, dan ketika kalian menemukannya, maka orang tersebut pantaslah kalian menyebutnya guru.

Selang beberapa lama sang sufi meninggal dunia, maka untuk melaksanakan wasiat ayahnya, ketiga anak sang sufi berusaha membagikan warisan domba dengan hitungan yang telah ditentukan. Akan tetapi mereka merasa kesulitan, karena ternyata angka 17 sangat sulit untuk dibagi 2, dibagi 3 ataupun dibagi 9. Sangat mustahil membagikan ke-17 domba tersebut dengan tanpa harus menyembelihnya terlebih dahulu. Akan tetapi wasiat sang ayah mengharuskan domba dibagikan dalam keadaan hidup.

Maka bersepakatlah ketiga anak sufi tersebut untuk mencari orang berilmu yang bisa menyelesaikan masalah mereka.

Lama berkelana sambil membawa-bawa ke-17 ekor domba warisan orang tua, akhirnya sampailah mereka ke hadapan Sahabat Ali bin Abi Thalib, dimana beliau saat itu telah menjadi seorang khalifah. Mereka menghadap Khalifah dan menceritakan semua masalah mereka.

Sambil tersenyum Khalifah Ali menjawab.... Ambilkan satu ekor domba miliku dan berikan domba miliku tersebut pada mereka bertiga. Setelah ketiga bersaudara terebut menerima domba pemberian sang khalifah, maka Khalifah Ali berkata, aku telah memberikan domba miliku pada kalian, sekarang aku akan membagikan warisan orang tua kalian sesuai wasiatnya, tapi ingat aku meminta satu ekor domba yang tadi aku berikan untuk dikembalikan padaku. Bagaimana? akhirnya mereka bertiga mengiyakan apa yang diminta khalifah.

Lalu mulailah khalifah membagi, domba kalian sekarang berjumlah 18, maka anak pertama mendapatkan warisan dombanya adalah 18 x 1/2, jadi jumlah domba miliknya adalah 9 ekor. Anak kedua karena mendapat warisan 1/3 maka jumlah domba warisannya adalah 6 ekor karena 1/3 x 18 adalah 6, dan anak ketiga yang mendapat 1/9 mendapatkan 2 ekor domba karena 18 x 1/9 adalah 2. Sekarang kalian jumlahkan, berapa warisan orang tua kalian yang kalian peroleh semua? anak pertama 9 ekor + anak kedua 6 ekor + anak ketiga 2 ekor, sama dengan 17 ekor, maka satu ekor yang aku berikan pada kalian akan aku ambil kembali.

sebagai bahan renungan.....

Tidak ada komentar:

Free Blogger Templates